Lampu LED Bohlam

Siapa nih yang belum menggunakan lampu LED? Padahal jenis lampu ini memberikan banyak sekali manfaat bagi penggunanya. Nantinya akan menyesal apabila tidak beralih menggunakan lampu LED yang berkualitas.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai hal-hal yang mengharuskan kamu untuk beralih dari lampu pijar biasa ke lampu LED. Berikut cuplikannya.

Alasan Memilih Lampu LED

1. Lebih Tahan Lama

Seiring berjalannya waktu dan semakin canggihnya teknologi, terciptalah lampu LED yang sangat istimewa. Memiliki banyak keistimewaan, salah satunya lebih tahan lama ketimbang lampu pijar pada umumnya.

Lampu ini mampu bertahan 50.000 lamanya, jika dibandingkan dengan lampu pijar berarti 30 kali lebih lama. Bahkan 10 kali lebih lama dibandingkan lampu FCL (lampu hemat energi). Jika dalam hitungan tahun, mampu bertahan selama 25 tahun.

Sedangkan perbedaan lampu led dan biasa ada di usia lampu. Lampu biasa hanya bertahan rentang 18 bulan saja. Sebuah perbandingan yang cukup jauh dan menguntungkan apabila kamu beralih menggunakan lampu LED untuk penerangan rumah, halaman bahkan jalan sekalipun.

2. Hemat Energi Listrik

Tagihan Listrik Membludak
Sumber: https://images.unsplash.com

Siapa sih yang tidak ingin hemat? Selain tidak perlu gonta-ganti lampu, kamu juga dapat menyimpan uangnya untuk kebutuhan lain. Hematnya LED dikarenakan panas yang dihasilkan lampu LED lebih rendah. Sehingga dapat mengurangi temperatur dalam rumah dan menghemat energi listrik.

Perbandingan lampu biasa saat bola lampu mengubah energi menjadi cahaya adalah 8 persen. Sedangkan lampu LED mampu melepaskan energi yang diubah menjadi cahaya sebanyak 25 persen. Masih kurang hemat apalagi?

3. Aman dan Non Toxic

Sebelum munculnya LED, banyak yang menggunakan lampu pijar sebagai penerangan. Padahal kualitasnya sangat kurang, terutama pencahayaan yang dihasilkan sangat silau dan dapat merusak lapisan mata dalam jangka panjang.

Tidak hanya itu saja, lampu pijar berpotensi lebih cepat mengalami kerusakan. Saat terjadi konslet dapat membahayakan pengguna. Bahkan tak jarang ada yang meledak akibat panas berlebih yang diterima oleh lampu tersebut.

Berbeda dengan lampu LED yang aman untuk terus digunakan dalam jangka panjang sekalipun karena diciptakan menggunakan bahan yang aman. Tentu saja terbebas dari racun berbahaya, tidak menghasilkan radiasi IR dan radiasi UV yang sangat berbahaya apabila terkena mata.

Sifat dari lampu LED juga tidak silau terhadap mata, lantaran warna cahaya yang dipancarkan bersifat alamiah. Selain itu, menghasilkan warna alami yang menenangkan. Berbeda dengan lampu pijar yang mengandung senyawa beracun sehingga memiliki dampak yang tidak baik terhadap kesehatan.

4. Ramah Lingkungan

Lampu LED banyak digunakan karena ramah akan lingkungan. Hanya menghasilkan karbon sebanyak 50 persen lebih kecil dari lampu biasa. Tidak hanya itu saja, berkat penggunaan energi yang lebih rendah membuat kebutuhan dari pembangkit tenaga listrik berkurang dari biasanya.

Dengan demikian, emisi gas rumah kaca yang diklaim sebagai pemicu pemanasan global akan berkurang pula. Bohlam LED juga tidak mengandung merkuri yang dapat terkontaminasi langsung dengan lingkungan saat dibuang sembarang tempat.

Kualitas dari pencahayaan LED tidak perlu diragukan lagi. Cahaya yang dihasilkan mampu menerangi hingga ke seluruh ruangan secara menyeluruh. Berhubung lampu ini tahan lama, berarti penggunaan bohlamnya tidak terlalu banyak.

Hal tersebut dapat mengurangi jumlah dari kebutuhan pabrik untuk memproduksi bohlam yang cukup banyak. Emisi gas rumah kaca akan semakin berkurang. Lingkungan menjadi lebih sehat dan terbebas dari pemanasan global.

5. Variasi Warna

LED STRIP
Sumber : https://www.freepik.com

Zaman teknologi masih usang, warna lampu hanya ada segelintir saja. Namun, setelah adanya lampu LED tersedia banyak warna yang bervariatif dan dapat digunakan dalam segala suasana. Ada lampu infra merah, kuning, hijau, jingga, biru, putih dan merah.

Warna dari lampu LED menghasilkan kesan yang dinamis. Dalam satu ruangan, kamu dapat memadukan dua atau lebih warna lampu LED. Hasilnya tentu akan sangat indah dan membuat nyaman penghuni rumah.

Apabila kamu memiliki cafe atau gedung perkantoran, lampu LED sangat cocok untuk menjadi penerang sekaligus penghias untuk membuat suasana semakin indah. Sesuaikan saja dengan selera dan kebutuhan. Dijamin semua manfaat yang telah kami ulas bakalan membuat jatuh cinta siapa saja yang beralih menggunakan lampu LED.

Tips Memilih Lampu LED

Memilih lampu LED yang tepat dapat menjadi tugas yang mudah jika Anda mempertimbangkan beberapa faktor penting. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda memilih lampu LED yang sesuai dengan kebutuhan Anda:

Perhatikan Kecerahan (Lumen)

kecerahan lampu led
Sumber: pixabay.com

Sebagai pengganti untuk daya watt, lihat jumlah lumen yang dihasilkan oleh lampu LED. Semakin tinggi jumlah lumen, semakin terang lampu tersebut. Pilih lampu dengan jumlah lumen yang sesuai dengan ruangan atau area yang akan diterangi.

Perhatikan Warna Cahaya (Temperatur Warna)

Temperatur warna lampu LED diukur dalam Kelvin (K). Pilih temperatur warna yang sesuai dengan tujuan penggunaan. Misalnya, lampu dengan temperatur warna 2700K hingga 3000K memberikan cahaya hangat mirip dengan lampu pijar, sementara 4000K hingga 5000K memberikan cahaya putih dingin yang lebih terang. Pilih yang sesuai dengan preferensi dan suasana yang diinginkan.

Perhatikan Indeks Rendam Warna (CRI)

CRI mengukur kemampuan lampu untuk menggambarkan warna dengan akurat. Pilih lampu LED dengan CRI tinggi jika Anda ingin reproduksi warna yang lebih baik, terutama jika digunakan di ruangan dengan seni atau dekorasi yang penting.

Pertimbangkan Bentuk dan Fitting

Pastikan lampu LED sesuai dengan fitting atau soket yang Anda miliki di rumah. Ada berbagai jenis fitting, seperti E26, E27, GU10, dll. Pastikan lampu yang Anda beli sesuai dengan fitting yang diperlukan.

Perhatikan Daya Tahan

Beberapa LED dirancang untuk daya tahan yang lebih baik dalam kondisi ekstrem, seperti suhu tinggi atau rendah. Jika Anda akan menggunakan lampu LED di luar ruangan atau dalam kondisi khusus, pastikan itu memiliki daya tahan yang sesuai.

Lihat Label Energi

Perhatikan label energi pada lampu LED. Semakin tinggi peringkat energi (misalnya, ENERGY STAR), semakin efisien lampu tersebut dalam mengkonsumsi energi.

Gunakan Lampu LED Dimmable

Lampu Spotlight Ruangan
Source : https://www.freepik.com/

Jika Anda memiliki pengatur kecerahan (dimmer) di rumah, pastikan lampu LED yang Anda pilih kompatibel dengan dimmer tersebut. Tidak semua LED dapat diatur kecerahannya.

Baca Ulasan dan Rekomendasi

Membaca ulasan pelanggan dan rekomendasi dari sumber terpercaya dapat membantu Anda memilih lampu LED yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Perhatikan Garansi

Pastikan lampu LED dilengkapi dengan garansi yang memadai. Garansi yang lebih lama menunjukkan kepercayaan produsen terhadap produknya.

Hemat Energi

Jika tujuan Anda adalah mengurangi konsumsi energi, pilih lampu LED dengan label ENERGY STAR atau yang memiliki peringkat efisiensi tinggi.

Ingatlah bahwa memilih lampu LED yang tepat dapat membantu Anda menghemat energi dan uang dalam jangka panjang, sambil memberikan pencahayaan yang sesuai dengan kebutuhan dan
preferensi Anda.

Rekomendasi Lampu LED OPPLE

LED BULB

led eco max filament bulb g45 a60

LED BULB atau biasa juga disebut Lampu Bohlam LED adalah lampu yang menggunakan satu atau lebih diode pemancar cahaya. Sesuai dengan namanya, lampu ini berbentuk bulat. Fungsi LED BULB adalah untuk penerangan dalam ruangan baik itu di rumah, kantor, gedung dan sebagainya. Keunggulan lampu ini adalah lebih hemat listrik dan tidak mudah panas. Selain itu juga memiliki jangka waktu pemakaian yang lebih panjang dari 25.000 jam sampai 45.000 jam.

LED SPOT

led spot opple

LED SPOT adalah lampu yang menyorotkan sinarnya ke satu arah saja. Cahaya yang dilepaskan sejajar dan menuju suatu titik dalam arah tertentu dan biasanya dirancang agar bisa berputar. Lampu ini memiliki intensitas tinggi yang bisa digunakan bisa memiliki jangka waktu yang panjang. LED SPOT digunakan untuk memberikan visibilitas yang lebih pada satu area tertentu pada ruangan, seperti karya seni, pintu masuk, ataupun untuk menyorot dinding bertekstur dan fitur arsitektur lainnya.

LED  Downlight

OPPLE LED Downlight RC ESIII_

Lampu downlight merupakan lampu yang pemasangannya tersembunyi yaitu di dinding atau plafon. Jenis lampu ini biasa digunakan untuk pencahayaan utama di rumah atau yang biasa disebut juga dengan istilah ambient lighting. Keunggulannya adalah lampu ini tidak membutuhkan ruangan ekstra sehingga dapat membuat ruangan tampak lebih lapang.

LED Strip

contoh lampu strip

LED Strip didefinisikan sebagai lampu dengan susunan chip SMD LED yang terpasang di sebuah sirkuit panjang. Bentuknya fleksibel serta memiliki perekat yang kuat pada bagian belakang lampu. Manfaat lampu led yaitu penggunaan listrik yang sangat kecil, memiliki umur yang sangat lama, tidak menghasilkan begitu banyak panas, dan dapat dengan mudah dikontrol dan diprogram.

Lampu LED tergolong lampu interior yang 90% hemat energi dan watt yang dihasilkan lebih kecil. LED juga sangat tahan lama dan tahan terhadap guncangan, juga dapat digunakan dalam berbagai cara – termasuk sebagai strip lampu.

Jika Anda sedang mencari Lampu LED untuk penerangan maupun dekorasi ruangan, temukan di Adika Mitra Sejahtera. Sebagai Opple Distributor Resmi, Kami menjual berbagai jenis Lampu LED OPPLE dengan kualitas terbaik. Silahkan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.