Lampu di balik sofa

Lampu downlight merupakan salah satu jenis penerangan yang cukup populer digunakan dalam berbagai macam model desain interior. Lampu ini sudah ada dan mulai dikenal sejak tahun 1930-an.

Meskipun demikian, penggunaan lampu downlight di Indonesia masih merupakan hal baru. Lampu downlight biasanya mulai banyak digunakan pada rumah hunian untuk dapat menciptakan nuansa ruangan yang minimalis dan elegan.

Lalu, apa saja yang membuat jenis pencahayaan ini kian diminati di kalangan masyarakat? Simak penjelasannya sebagai berikut!

Apa itu Lampu Downlight?

7.3 Product Catalogue DownlightRC ESIII-1

Istilah downlight mengacu pada pengertian bahwa jenis penerangan ini dipengaruhi oleh posisi peletakan lampu. Lampu downlight merupakan jenis penerangan yang dipasang secara tersembunyi di dinding atau plafon.

Salah satu tujuan dari adanya pemasangan dengan cara tersebut adalah agar ruangan menjadi lebih menarik. Sehingga, dapat menciptakan suasana dan tampilan ruangan yang nyaman.

Lampu downlight juga memiliki fokus penerangan yang baik. Karenanya, lampu ini dapat membuat ruangan kecil Anda menjadi lebih luas karena pencahayaan yang terang.

Perbedaan Lampu Downlight dan Lampu Panel

Perbaikan Lampu
Sumber: https://elements.envato.com

Lampu downlight tidak sama dengan lampu panel. Perbedaan tersebut dapat diketahui berdasarkan penempatan, pemasangan dan ukuran lampu yang dipasang sebagai berikut.

  1. Perbedaan berdasarkan Posisi Lampu

Penempatan lampu downlight secara umum hampir sama dengan penempatan lampu panel LED, yaitu berada di plafon bangunan.

Perbedaannya lampu downlight terletak secara tersembunyi di dalam plafon, sementara lampu LED hanya di permukaannya saja.

  1. Perbedaan berdasarkan Pemasangan Lampu

Pemasangan lampu downlight memerlukan pekerja untuk melubangi bagian plafon. Sedangkan lampu LED tidak memerlukan pelubangan di bagian plafon.

  1. Perbedaan berdasarkan Ukuran Lampu

Dari segi ukuran, lampu downlight memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan lampu panel LED.

Ukuran lampu downlight berkisar antara 3-6 inchi dengan bentuk tampilan yang cukup bervariasi, yaitu bulat dan kotak.

Sedangkan lampu panel LED umumnya memiliki bentuk persegi panjang dengan ukuran yang bervariasi. Misalnya 30 cm x 60 cm, 30 cm x 120 cm, maupun 60 cm x 120 cm.

Kelebihan Lampu Downlight

Lampu di ruang tamu
Sumber: https://elements.envato.com

Fakta menarik menurut website dekoruma adalah Keunggulan menggunakan lampu downlight adalah pemasangan lampu ini tersembunyi di dinding atau plafon, sehingga tidak memakan space ekstra dan justru membuat rumah terlihat lebih lapang.

Kelebihan dan keunggulan lainnya ada di bawah ini :

Pencahayaan Lampu Downlight Lebih Fokus

Meskipun penerangan dengan lampu downlight dapat membuat cahya tersebar secara merata, akan tetapi jenis lampu ini juga dapat digunakan untuk menyorot satu benda secara khusus.

Sehingga, mampu memudahkan pemasangan yang disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda sehari-hari.

Cahaya yang Dihasilkan Lebih Terang

Ruangan dengan pencahayaan downlight biasanya memiliki intensitas pencahayaan yang lebih baik. Sehingga, ruangan pun terlihat lebih terang dan luas.

Hal tersebut karena pemasangan lampu downlight bertujuan agar cahaya mampu tersebar dengan baik dan tidak ada sudut ruangan yang lebih gelap dibanding area lainnya.

Variasi Desain Beragam

Lampu downlight tidak hanya memiliki jenis yang beragam, tetapi juga desain yang bervariasi. Ada beberapa pilihan bentuk dan materi yang bisa Anda gunakan.

Seperti lampu dengan bahan kaca, kristal, komposit, hingga variasi warna yang beraneka macam. Karenanya, tampilan lampu downlight dikenal lebih estetik dibandingkan lampu biasa.

Warna Pencahayaan Cenderung Natural

Penggunaan lampu downlight akan menghasilkan cahaya yang tampak alami. Sehingga warna yang dipantulkan pada dinding maupun perabot ruangan akan lebih natural.

Sehingga, pencahayaan dengan lampu downlight ini sangat cocok untuk diterapkan atau dipasang pada ruangan minimalis modern agar tampak lebih nyaman dan elegan.

Perawatan dan Pemeliharaan Tidak Cukup Sulit

Perawatan lampu downlight tidaklah sulit, meskipun banyak yang mengira bahwa pemasangan secara tersembunyi membuat pemeliharaan pada lampu menjadi lebih sulit.

Perawatan lampu penerangan ini cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu membersihkan mangkuk atau kap lampu secara berkala.

Tujuannya adalah agar fungsi dan pencahayaan lampu dapat dilakukan secara maksimal. Penggantian lampu downlight pun hampir sama dan tak jauh beda dengan lampu biasa.

Jenis-Jenis Lampu Downlight

Beberapa lampu
Sumber: https://elements.envato.com

Terdapat beberapa jenis lampu downlight yang dapat Anda temukan di berbagai marketplace, diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Downlight Outbow, biasanya dipasang di luar plafon dan digunakan di area outdoor.
  2. Downlight Slim, pencahayaan penerangan ini relatif tipis dan biasa digunakan di berbagai pusat perbelanjaan.
  3. Downlight Inbow, pemasangannya berada di dalam plafon dan umumnya digunakan untuk rumah tinggal modern.
  4. Downlight Spot, dapat memfokuskan cahaya pada suatu objek dan biasa digunakan di hotel atau galeri seni.

Rekomendasi Lampu Downlight

Terdapat beberapa rekomendasi lampu downlight yang dapat menjadi inspirasi pilihan Anda. Rekomendasi lampu downlight tersebut adalah sebagai berikut.

  1. LED Downlight RC ESII
7.3 Product Catalogue DownlightRC ESIII-1
Lampu LED Downlight RC ESII

Lampu Led downlight RC ESII merupakan salah satu jenis penerangan yang memiliki fitur efisiensi yang tinggi, output lumen tinggi, PF tinggi, memiliki tampilan yang baik serta memiliki umur panjang.

Produk ini mampu menghemat 50% energi dibandingkan dengan downlight konvensional. Sehingga, memiliki daya tahan 3 kali lebih lama dari downlight biasa. Memiliki tampilan ramping dan estetik.

  1. LED Downlight RC US
7.1 Product Catalogue Downlight US
Lampu LED Downlight RC US

Produk ini memiliki fitur memberi penerangan ekstra, menghasilkan caya yang nyaman, hemat energi, dan mudah digunakan.

LED Downlight RC US dirancang dengan sistem tinggi hingga 85 lm/W. Sehingga, lebih menghemat energi hingga 85% dan cahaya yang dihasilkan tidak mengurangi stress saat bekerja. Pilihan lampu ini sempurna untuk mengganti lampu sorot tradisional.

Demikian beberapa penjelasan informasi mengenai pengertian lampu downlight, jenis-jenis, dan kelebihannya. Semoga dapat membantu Anda dalam menemukan berbagai inspirasi penggunaan lampu downlight yang telah disesuaikan dengan berbagai kebutuhan sehari-hari!

Temukan Lampu Downlight dengan kualitas terbaik di Adika Mitra Sejahtera. Kami menyediakan berbagai jenis Lampu LED dengan harga terjangkau. Silahkan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga menarik