Lampu LED dikenal menghasilkan cahaya hingga 90% lebih efisien dan terang jika dibandingkan dengan bola lampu pijar. Sesuai dengan namanya, LED atau light emitting diode tersebut bekerja dengan menggunakan microchip.

Secara umum, LED merupakan sekumpulan perangkat elektronik dengan kemampuan memancarkan cahaya monokromatik. Ketika diproduksi secara utuh sebagai lampu penerangan, penggunaannya dibagi berdasarkan tipe, fungsi, dan cara kerjanya menggunakan energi kelistrikan.

Berbagai produsen berusaha memproduksi lampu LED dengan kualitas terbaik, termasuk OPPLE. OPPLE adalah salah satu produsen lampu LED terbaik yang memiliki berbagai jenis lampu LED, diantaranya LED Bulb, LED High Power Bulb, LED Outdoor, LED Panel, dan masih banyak lagi.

Macam-macam Jenis Lampu LED yang Sering Digunakan

Lampu LED saat ini telah dikenal secara luas untuk penggunaan dari rumah tangga, peralatan elektronik, otomotif, dan sebagainya. Sebagai contoh, beberapa jenis dari LED di bawah ini akan dijelaskan selengkapnya.

1. Miniature

LED Miniatur
Sumber: https://www.istockphoto.com

Miniature LED, juga dikenal sebagai “submillimeter light emitting diode” yang memiliki ukuran sekitar 100 mikrometer. Istilah miniature disebut juga ‘Mini’, seringkali dianggap serupa dengan ‘Micro’ meski keduanya jelas-jelas sangat berbeda.

Lampu ini banyak diaplikasikan sebagai indikator dari barang-barang elektronik atau mainan elektris lainnya. Keberadaannya merupakan pengembangan dari LED tradisional, sekaligus memperbaiki teknologi lampu latar konvensional dengan fitur yang lebih canggih.

2. Superflux

LED Superflux
Sumber: https://pixabay.com/id/

Jenis satu ini dikenal memiliki tingkat konsumsi daya yang tinggi karena menggunakan dua kutub nyala positif dan negatif. Superflux memiliki ketahanan termal rendah jika dibandingkan dengan tipe LED lainnya.

Pengaplikasiannya banyak digunakan sebagai penerangan pada papan reklame di pinggir jalan dengan intensitas cahaya tinggi. Superflux juga cocok untuk instalasi yang membutuhkan cahaya sudut pandang paling terang dan lebar.

3. Bicolor

LED Bicolor
Sumber: https://pixabay.com/id/

Bicolor atau lampu dua warna merupakan jenis LED yang diproduksi dengan kombinasi penerangan tungsten dan siang hari. Dua warna tersebut dirancang untuk menyesuaikan suhu dari cahaya kuning ke warna biru

Hasilnya adalah kemampuan untuk mengeluarkan cahaya secara bergantian ketika mulai dinyalakan. Bicolor banyak diaplikasikan untuk mainan anak-anak, hingga menjadi pilihan serbaguna untuk aktivitas pemotretan di dalam maupun di luar ruangan.

4. SMD

LED SMD
Sumber: https://pixabay.com/id/

SMD, atau Surface Mounted Device, adalah LED yang paling umum dan banyak ditemui di pasaran. Chip elektriknya secara permanen menyatu pada papan sirkuit, sehingga banyak digunakan karena dianggap sangat praktis.

SMD biasa dipasang pada bohlam khusus dan lampu indikator notifikasi di ponsel. Daya penerangan dari tipe ini sangat tinggi sehingga mampu menghasilkan cahaya berkekuatan 50 hingga 100 lumen per watt.

5. COB

LED COB
Sumber: https://pixabay.com/id/

COB atau “Chip on Board” merupakan salah satu perkembangan terbaru dalam teknologi LED saat ini. Keberadaannya bisa dibilang sebagai satu langkah lebih maju untuk penggunaan energi penerangan yang lebih efisien.

Hanya dengan satu papan berukuran mini, teknologi COB mampu menampung beberapa chip berisi dioda sekaligus. Meski sekilas mirip dengan SMD, COB setingkat lebih tinggi karena sejatinya merupakan pengembangan dari SMD.

6. High Power

LED High Power
Sumber: https://pixabay.com/id/

High-power LED mengkonsumsi lebih banyak listrik serta membutuhkan arus yang lebih tinggi daripada jenis konvensional. Cara kerjanya adalah mengubah energi listrik yang dipasok menjadi cahaya foton, sehingga cahayanya sangat terang.

Hanya saja, cahaya terang dengan intensitas kuat tersebut sepadan dengan kelemahannya yang mudah panas. Tidak mengherankan jika di bagian belakangnya terdapat PCB logam sebagai opsi pendinginan sekaligus alat pembuangan panas.

Jika dilihat dari segi penggunaan, lampu LED memiliki keuntungan tersendiri jika diaplikasikan sesuai dengan penggunaannya. Mulai dari memudahkan pekerjaan sehari-hari, efisien, tahan lama, hemat listrik, serta mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Melihat keuntungan di atas, tidak mengherankan jika penggunaan LED sebagai alat penerangan sehari-hari sangat tinggi. Jika dibandingkan dengan bohlam konvensional, LED tentu memiliki banyak kelebihan dari berbagai sisi maupun teknologi. Dapatkan berbagai macam Lampu LED dengan kualitas terbaik di Adika Mitra Sejahtera. Kami menyediakan berbagai macam jenis Lampu LED sesuai dengan kebutuhan Anda. Segera hubungi kami untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.