Picture10

LED atau Light Emitting Diode merupakan salah satu jenis penerangan rumah yang semakin populer digunakan akhir-akhir ini. Berbeda dengan lampu pijar konvensional, LED memiliki beberapa manfaat untuk menghemat penggunaan listrik, tidak menghasilkan panas, mudah dikontrol, dan memiliki umur tahan lama.

Selain itu, Lampu LED strip juga memiliki daya tahan lama dan tahan terhadap guncangan. Karenanya, jenis lampu ini juga dapat digunakan dalam berbagai cara, termasuk sebagai strip lampu atau dikenal dengan istilah LED strip.

Lalu, apa pengertian LED strip, fungsi, dan karakteristiknya? Simak penjelasan berikut untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Pengertian LED Strip

LED Orange
Sumber: https://elements.envato.com

LED strip merupakan jenis lampu penerangan yang tersusun dari chip SMD LED yang terpasang di sebuah sirkuit panjang. Lampu ini memiliki bentuk fleksibel dengan perekat kuat di bagian belakang lampu.

Lampu LED strip juga dikenal dengan beberapa istilah lain, seperti ribbon light, lampu strip, lampu selang, LED tape, flexible LED strip, dan sebagainya.

Fungsi Lampu LED Strip

LED Biru
Sumber: https://elements.envato.com

Produk lampu LED strip memiliki beberapa fungsi diantaranya untuk menambah aksen pencahayaan, menjadi lampu dekorasi, dan menjadi lampu backlight. Selain itu, pencahayaan lampu LED strip yang tidak langsung juga digunakan untuk beberapa hal.

Lampu ini juga diciptakan dengan kemampuan tahan air, variasi warna yang beragam, disertai perekat yang kuat, pilihan beberapa jenis chip SMD, dan pengatur tegangan maupun arus.

Keunggulan Lampu LED Strip

LED Putih
Sumber: https://elements.envato.com

Selain mampu menghemat listrik, beberapa keunggulan lampu LED dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Investasi Jangka Panjang

Lampu LED strip memiliki keunggulan sebagai investasi jangka panjang. Hal tersebut karena jenis penerangan ini sangat menguntungkan untuk digunakan dalam pemakaian jangka waktu yang lama.

Menurut website s-gala.com, umur mata lampu LED sangat tergantung pada panas yang dihasilkan. Semakin kecil panas pada mata LED, maka umur mata lampu akan semakin panjang dan tidak cepat redup.

  1. Hemat Biaya

Karena memiliki kemampuan dan keuntungan dalam pemakaian jangka panjang, maka penggunaan lampu dapat menghemat biaya kebutuhan pemakaian. Sehingga, mampu menekan biaya tagihan listrik dari waktu ke waktu.

  1. Penerangan Maksimal

Kelebihan selanjutnya yaitu mampu memberikan penerangan secara maksimal. Meskipun daya atau listrik yang digunakan sangat kecil.

  1. Fleksibilitas Tinggi

Lampu ini juga memiliki kelebihan dari segi penggunaan. Hal tersebut karena jenis penerangan ini memiliki fleksibilitas tinggi untuk dapat digunakan dalam berbagai jenis dekorasi ruangan.

Karakteristik Lampu LED Strip yang Baik

Sumber: OPPLE LED Strip

Untuk dapat menentukan karakteristik lampu strip yang baik, Anda perlu memperhatikan serta mempertimbangkan kualitas dan kuantitas dari lampu LED strip. Lampu strip LED yang baik umumnya dapat menyediakan 1.500 lumens per meter agar mampu menghasilkan output cahaya yang sama dengan lampu neon tradisional.

Beberapa karakteristik lampu LED strip yang baik lainnya yang perlu Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut.

  1. Komposisi Papan

LED strip dengan kualitas yang baik biasanya memiliki spesifikasi yang lebih tinggi dan komposisi papan sirkuit yang lebih baik dan kompleks. Karena tingkat arus listrik yang cukup tinggi, LED strip memerlukan papan sirkuit yang berbahan dari tembaga.

Papan tembaga yang digunakan juga tidak sembarangan, karena harus memiliki berat minimal 2 ons atau 4 ons untuk berat ideal. Hal tersebut bertujuan untuk memastikan fungsi papan sirkuit untuk mampu mengalirkan daya lebih tinggi.

  1. Kuantitas Papan

Secara kuantitas, efisiensi dan stabilitas output cahaya ditentukan oleh lampu LED pada sirkuit. Karenanya, Anda perlu berhati-hati dengan lampu strip yang menawarkan daya tinggi dengan jumlah lampu LED yang rendah. Hal tersebut berpotensi untuk menyebabkan kegagalan prematur.

  1. Permukaan Lampu

LED strip dengan kualitas tinggi biasanya memiliki lapisan tambahan cat putih untuk membantu meningkatkan refleksi cahaya dan output cahaya yang berdampak pada kecerahan dan warna cahaya. Sedangkan, LED strip dengan harga murah tidak akan terlalu memperhatikan bagian tersebut.

Cara Memotong & Menyambungkan Lampu Strip LED

Memotong LED Strip
Sumber: https://elements.envato.com

Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk memotong dan menyambungkan lampu LED strip sendiri di rumah. Beberapa diantaranya adalah sebagai berikut.

Memotong Strip LED Terpisah

  1. Ukur panjang LED

Untuk memotong LED Anda perlu melakukan pengukuran untuk menentukan berapa lama kegunaan dan panjang lampu yang dibutuhkan. Lampu LED biasanya tersedia dalam 1 strip panjang.

Selain itu, pastikan Anda memperhatikan titik-titik potongnya terlebih dahulu agar lampu LED strip tetap dapat berfungsi dengan baik.

  1. Temukan garis potong

Selanjutnya, cari dan temukan titik-titik tembaga di bagian belakang strip LED. Pilih garis yang paling dekat dengan panjang LED yang sebelumnya telah Anda ukur. Garis tersebut adalah tempat Anda dapat memotong LED dengan aman agar tetap dapat berfungsi dengan baik.

  1. Potong strip LED

Setelah itu, potong garis yang sebelumnya telah ditentukan dengan gunting. Kemudian potong di antara titik-titik tembaga.

Mengamankan LED ke Konektor

  1. Sejajarkan Konektor

Sejajarkan konektor cepat dengan strip LED. Sejajarkan kabel hitam konektor dengan (-) dan bagian merah dengan (+).

  1. Tarik Plastik Konektor

Tarik bilah plastik dari konektor cepat. Temukan bar plastik kecil berwarna hitam di bagian akhir kemudian tarik dengan hati-hati.

  1. Temukan Terminal Tembaga

Kelupas perekat LED. Tarik mundur LED untuk mengekspos terminal tembaga di bagian akhir. Potong plastik pada terminal jika LED tidak mendukung dan kikis permukaannya untuk dapat memaparkan terminal.

  1. Pasang LED

Pasang LED ke konektor. Pastikan kabel hitam harus terhubung ke (+) sedangkan kabel merah harus terhubung ke (-)

  1. Tutup Bar Plastik Konektor

Tutup bar plastik konektor cepat dengan cara menarik bilah plastik kembali menutup LED untuk menahan agar tidak mengalami pergeseran atau perubahan tempat. Hal ini untuk melindungi dari kerusakan.

  1. Sambungkan Kabel Konektor

Sambungkan kabel konektor ke kabel warna yang sama pada sumber listrik. Lalu putar sekrup konektor searah jarum jam untuk menahan kabel. Pasang kabel satu ke ujung terminal lainnya.

Jika lampu LED masih tidak menyala, periksa koneksi dan pencampuran kabel (+) dan (-). Jika masih belum dapat menyala, berarti terdapat kesalahan dalam pemotongan LED.

Demikian beberapa penjelasan dan informasi mengenai LED strip. Semoga artikel ini dapat menjadi rekomendasi bagi Anda dalam memilih maupun mengkreasikan lampu LED strip yang disesuaikan dengan berbagai aktivitas kebutuhan sehari-hari.

Jika Anda sedang mencari Lampu LED Strip untuk hiasan ruangan, temukan di Adika Mitra Sejahtera. Kami menjual Lampu LED Soft Strip dengan kualitas terbaik. Silahkan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.