LED STRIP

Memasang lampu LED strip di rumah dapat memberikan efek pencahayaan yang estetis dan modern. Namun, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, diperlukan cara pasang lampu yang tepat. Dalam artikel ini, kami akan membahas langkah-langkah detail tentang cara pasang lampu LED strip. Mulai dari persiapan alat dan bahan, hingga teknik pemasangan yang benar, kami akan memberikan panduan lengkap agar Anda bisa menikmati pencahayaan yang indah dan fungsional di setiap sudut rumah Anda. Simak terus artikel ini untuk mengetahui lebih lanjut!

Apa itu Lampu LED Strip?

Lampu LED Strip

Lampu LED Strip adalah jenis lampu pita fleksibel yang terdiri dari rangkaian lampu LED kecil yang disusun dalam baris dan terpasang pada pita fleksibel yang dapat dipasang di berbagai permukaan. Salah satu keuntungan utama dari lampu LED strip adalah efisiensi energi yang lebih tinggi dan daya tahan yang lebih lama dibandingkan dengan jenis lampu tradisional lainnya. Selain itu, LED strip juga mudah dipasang dengan mudah pada permukaan datar atau melengkung.

Lampu LED strip tersedia dalam berbagai panjang dan ketebalan, dan dapat dipotong menjadi ukuran yang lebih kecil untuk keperluan khusus. Sebagian besar LED strip memiliki daya rendah dan dapat dihubungkan secara serial untuk membuat lampu yang lebih panjang dan lebih terang.

Ada dua jenis LED strip yang umum digunakan, yaitu jenis monokromatik dan RGB. LED strip monokromatik hanya menghasilkan satu warna, seperti putih atau kuning, sedangkan LED strip RGB menghasilkan berbagai warna dengan kombinasi merah, hijau, dan biru. LED strip RGB biasanya lebih mahal daripada LED strip monokromatik, tetapi menawarkan fleksibilitas yang lebih besar dalam hal tata cahaya. Pelajari selengkapnya dalam artikel Mengenal Lebih Dalam Jenis-Jenis Lampu LED Strip dan Kegunaannya berikut.

Penggunaan LED strip sangat luas, termasuk untuk pencahayaan dekoratif dalam kamar tidur, dapur, dan ruang tamu, serta untuk menyoroti atau memberikan efek cahaya di sekitar objek seperti lukisan atau patung. LED strip juga digunakan dalam industri hiburan untuk memberikan efek cahaya pada panggung dan peragaan busana.

Dalam hal keamanan, LED strip dianggap aman dan dapat dioperasikan dengan tegangan rendah. Namun, seperti semua jenis lampu, penting untuk mengikuti panduan penggunaan yang diberikan oleh produsen dan memastikan cara pasang lampu LED strip dengan benar. Secara keseluruhan, Lampu LED strip adalah lampu fleksibel yang serbaguna dan dapat digunakan dalam berbagai situasi untuk memberikan tata cahaya yang menarik dan efisien secara energi.

Cara Pasang Lampu LED Strip

Memasang Lampu LED

Berikut adalah cara mudah untuk memasang lampu LED Strip:

1. Tentukan lokasi pemasangan

Pertama-tama, Anda perlu mengetahui lokasi yang tepat dalam cara pasang lampu LED strip. Secara umum, lampu LED biasanya dipasang di plafon rumah yang menggantung (floating plafon).

Pemasangan lampu pada jenis plafon ini akan membuatnya terlihat lebih menarik. Namun, jika Anda tidak memiliki jenis plafon tersebut, Anda bisa menempelkannya di mana saja sesuai kebutuhan.

Anda dapat menggunakan plafon bertingkat atau plafon menjorok ke dalam sebagai alternatif. Anda juga bisa memasangnya di sisi-sisi plafon biasa.

2. Persiapkan alat dan ukur lampu LED

Langkah kedua cara pasang lampu LED strip adalah menyiapkan lampu dan mengukur panjang lampu yang dibutuhkan. LED strip memiliki berbagai variasi ukuran, oleh karena itu Anda perlu mengetahui berapa panjang lampu yang perlu dipasang.

Umumnya, lampu LED strip dijual dalam bentuk gulungan (roll), di mana setiap gulungan memiliki panjang sekitar 5 meter. 

Jika Anda memerlukan lebih dari 5 meter, Anda dapat menyambungnya dengan sistem sambungan paralel. Langkah ini diperlukan agar cahaya lampu dapat menyala dengan sama pada semua lampu LED strip.

3. Pasang lampu dengan baterai atau Power Supply

Setelah menentukan lokasi pemasangan lampu dan mengukur lampu LED strip yang akan digunakan, langkah selanjutnya dalam cara pasang lampu LED strip adalah menyambungkannya dengan pasokan listrik.

Anda bisa menyambungkan ujung strip lampu ke saklar dengan hati-hati. Pastikan untuk memperhatikan bagian positif dan negatif agar tidak salah dalam menyambungkannya. Jangan sampai terjadi kesalahan karena dapat menyebabkan konsleting listrik yang sangat berbahaya.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan daya yang dibutuhkan oleh lampu LED. Hal-hal yang harus diperhatikan saat menyambungkan lampu LED strip adalah yaitu tegangan listrik LED strip DC, 12V atau 24V DC.

4. Pasang lampu di tempat yang sudah ditentukan 

Setelah menyelesaikan pemasangan lampu pada power supply, cara pasang lampu LED strip selanjutnya adalah memasangnya di tempat yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pemasangan lampu LED strip pada plafon tergolong mudah. Anda hanya perlu melepaskan perekat yang menempel pada sisi belakang LED strip. Akan tetapi jika LED strip tidak memiliki perekat, Anda bisa menempelkan double tip sendiri pada lampu tersebut. Pastikan saat memasang lampu, LED strip tidak terlipat agar dapat menyala dengan baik.

5. Lakukan uji coba

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, tahap terakhir cara pasang lampu LED strip adalah melakukan uji coba untuk memastikan bahwa lampu berfungsi dengan baik. Nyalakan pasokan listrik untuk memastikan apakah lampu dapat dinyalakan tanpa masalah. Jika lampu tidak menyala, periksa koneksi pasokan listrik.

Jika lampu sudah terpasang dengan benar, Anda dapat mencoba menghubungkannya ke smartphone Anda. Dengan menggunakan lampu LED yang terhubung ke WiFi, Anda dapat menggunakan smartphone sebagai remote untuk mengontrol lampu.

Kelebihan menggunakan lampu LED Strip di plafon

Ternyata, penggunaan lampu LED strip memiliki banyak keuntungan dibandingkan dengan lampu biasa. Apakah Anda ingin tahu apa saja kelebihan menggunakan lampu LED ini? Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat Anda peroleh.

1. Peningkatan pencahayaan lebih baik

Lampu LED strip memiliki keunggulan dibandingkan lampu bohlam biasa dalam hal memberikan pencahayaan maksimal. Hal ini disebabkan oleh fleksibilitas bentuknya yang dapat menyesuaikan bentuk ruangan. Terlebih lagi, lampu ini sering dipasang di sekitar ruangan. 

Selain itu, penggunaan cahaya lampu LED strip dapat memberikan nuansa atau kesan yang lebih mewah. Jika jenis plafon yang cocok dengan lampu ini digunakan, langit-langit ruangan akan terlihat lebih cantik dan tidak membosankan.

2. Banyak variasi

Salah satu keunggulan dari lampu LED Strip adalah variasi warna dan fiturnya yang beragam. Lampu ini dapat ditemukan dalam beberapa pilihan warna seperti putih, kuning, merah, hijau, biru, dan lain-lain. Anda juga bisa memilih fitur yang sesuai dengan kebutuhan.

3. Fitur beragam

Di samping itu, lampu ini memiliki fitur pengaturan level cahaya yang dapat diatur sesuai keinginan. Kamu dapat menghidupkannya dengan cahaya redup, sedang, atau terang.

Lampu LED ini juga sangat canggih, dilengkapi dengan fitur remote atau dapat terhubung dengan smartphone untuk mengontrolnya. Anda bisa mengontrol lampu ini dengan mudah di dalam genggaman.

Tidak terlalu sulit bukan untuk memasang lampu LED? Ya, Anda pun bisa mencoba memasangnya sendiri. Selain menambah keindahan jenis lampu LED juga punya banyak variasi dan pencahayaannya cukup baik. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda. 

Rekomendasi distributor lampu LED strip

Setelah mempelajari berbagai hal tentang cara pasang lampu LED strip, inilah saatnya Anda mengambil langkah bijak. Temukan pilihan terbaik Anda bersama PT Adika Mitra Sejahtera, distributor terpercaya yang menjamin kualitas dan kepuasan. Jangan lewatkan kesempatan untuk menerangi setiap sudut dengan pilihan terbaik, kunjungi kami sekarang!

PT. Adika Mitra Sejahtera
Promenade Taman Asri Blok TA11
Jl. Raya Taman Asri, Waru, Sidoarjo
Email: info@amitrasejahtera.com
WhatsApp: + (62)81259828676