Perbaikan Lampu

Lampu LED memiliki umur pakai yang lebih panjang, lebih hemat listrik, dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan lampu biasa. 

Namun, hal ini tidak berarti bahwa semua lampu LED rumah tidak bisa mati. Beberapa faktor seperti watt lampu yang terlalu besar dan sering menyalakan serta mematikan lampu dapat menyebabkan lampu LED rusak dalam beberapa bulan. 

Jika lampu LED di rumah sudah rusak, jangan langsung membuangnya. Selain karena harganya yang cukup mahal, ada trik cerdas untuk menghidupkan kembali lampu yang mati total. 

Dengan menggunakan berbagai trik, Anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi atau bahkan dapat memperbaiki lampu yang sebelumnya sudah rusak tanpa harus pergi ke tukang servis lampu LED.

Definisi Lampu LED

Lampu LED sudah menjadi hal yang sangat umum digunakan oleh banyak orang. Bahkan saat ini, hampir setiap rumah dan bangunan sudah menggunakan lampu jenis ini.

Lampu LED adalah lampu yang menggunakan komponen elektronik bernama LED (light emitting diode) untuk memancarkan cahaya monokromatik saat diberi tegangan maju listrik. Cara kerjanya adalah dengan mengubah energi listrik menjadi energi cahaya sehingga menghasilkan cahaya yang terang.

Lampu LED memiliki banyak kelebihan di antaranya adalah ramah lingkungan, tidak mudah panas, cahaya lebih terang, hemat energi listrik, usia pemakaian yang panjang, memiliki banyak pilihan bentuk, kecerahan, dan warna, langsung terang (tanpa proses pemanasan terlebih dahulu), serta hemat biaya listrik.

Bentuk – Bentuk Lampu LED 

Lampu LED memiliki berbagai macam bentuk, antara lain:

1. Lampu LED Bulat atau Bohlam LED

Lampu LED bulat atau bohlam LED adalah jenis lampu LED yang paling umum dan banyak digunakan oleh masyarakat. Lampu ini tersedia dalam berbagai pilihan warna dan daya (kecerahan), serta tersedia dalam banyak merek dan kualitas. Jika ingin membeli lampu bohlam LED, pastikan lampu yang dibeli sudah memiliki sertifikat SNI.

2. Lampu Panel LED

Bentuk lampu panel cenderung lebih tipis dan dipasangkan di plafon. Lampu panel memiliki sudut pencahayaan yang besar sehingga membuat ruangan terkesan lebih rapi dan estetik. Lampu panel tersedia dalam bentuk bulat dan persegi, serta memiliki banyak varian warna dan tingkat kecerahan yang dapat dengan mudah ditemukan di toko elektronik atau marketplace.

3. Lampu Tabung Bulat LED

Lampu dengan bentuk menyerupai tabung ini sebenarnya merupakan lampu bohlam LED yang memiliki perbedaan pada bentuknya. Lampu tabung ini diyakini memiliki sudut pencahayaan yang lebih luas dari lampu bohlam biasa sehingga sisi gelap sedikit.

4. Lampu LED Strip

Lampu LED strip sering digunakan untuk lampu dekorasi pemanis ruangan atau sebagai lampu hiasan. Bentuknya yang fleksibel membuat lampu ini banyak dipakai untuk bidang kesenian. Lampu LED strip mudah dibentuk dan ditempatkan sesuai dengan keinginan kita, serta memiliki banyak pilihan warna dan tingkat kecerahan.

Cara Memperbaiki Lampu LED Berdasarkan Jenis Kerusakannya

Apabila terdapat lampu yang rusak di rumah, tentunya akan menghambat kegiatan di dalam rumah. Namun sebenarnya, lampu LED dapat diperbaiki sendiri.

1. Mati Total Tanpa Gejala Apa pun

Jika lampu LED mati total tanpa gejala apapun, langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memeriksa resistornya. Berikut adalah cara memperbaiki lampu LED yang mati total:

  • Buka casing lampu LED dengan memutar.
  • Siapkan alat-alat seperti avometer multitester, elemen solder, dan pinset.
  • Tes satu per satu micro LED menggunakan avometer multitester. Jika ada micro LED yang tidak menyala, artinya micro LED tersebut putus. Jika salah satu micro LED putus, maka semua micro LED tidak akan bekerja.
  • Tandai micro LED yang tidak menyala.
  • Jika tidak ada avometer multitester, lihat secara kasat mata apakah terdapat bercak hitam gosong pada bagian micro LED. Jika ada, artinya micro LED tersebut putus.
  • Lepaskan bagian komponen luar LED.
  • Letakkan komponen LED di atas elemen solder, dengan posisi micro LED yang telah ditandai (atau berwarna gosong) berada tepat di atasnya.
  • Copot micro LED yang putus menggunakan pinset.
  • Setelah micro LED terlepas, satukan kedua posisi positif dan negatif menggunakan solder. Hal ini berfungsi sebagai jalur untuk menghidupkan micro LED yang lain.
  • Letakkan kembali bagian komponen luar ke dalam body lampu.
  • Lampu LED akan menyala kembali setelah semua tahapan di atas dilakukan dengan benar.

2. Elco atau Kapasitor Elektrolit Sudah Tidak Berfungsi dengan Baik

Apabila Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas sebagai cara untuk memperbaiki lampu LED, namun lampu masih belum mau menyala, mungkin terdapat kesalahan pada elco atau kapasitor elektrolit yang mengalami pembengkakan.

Berikut adalah langkah yang dapat Anda lakukan jika hal tersebut menjadi penyebabnya:

  • Buka komponen luar dan periksa komponen dalam pada lampu.
  • Uji kerusakan elco dengan menggunakan avometer multimeter.
  • Hubungkan kutub positif dan negatif avometer ke kutub positif dan negatif elco.
  • Jika alat avometer tidak menunjukkan angka kilo ohm, maka itu berarti elco harus diganti.
  • Jika elco tidak berfungsi dengan baik, gantilah dengan elco yang baru yang memiliki ukuran yang sama dan nilai yang sama.
  • Pasang kembali elco sesuai dengan posisi kutubnya.
  • Lampu LED di rumah akan menyala kembali.

3. Jeglek Saat Lampu Dihidupkan

Banyak kali ketika kita hendak menyalakan lampu, listrik di rumah malah mati. Jika ini disebabkan oleh lampu LED, cara memperbaikinya adalah dengan mengganti dioda bridge. Dioda bridge adalah komponen yang berfungsi untuk mengarahkan arus bolak-balik menjadi arus searah.

4. Baterai Lampu LED Soak

Selain padam secara total, lampu LED juga seringkali tiba-tiba menjadi redup. Ketika hal ini terjadi, penyebab utama lampu LED menjadi redup adalah karena baterai yang sudah soak. Bagian aki adalah yang harus diperiksa untuk mengetahui penyebab utama redupnya lampu LED.

Umumnya, baterai yang digunakan pada lampu LED adalah aki kering yang memiliki tegangan 6-12 volt DC. Jika baterai lampu soak, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Ukur tegangan baterai setelah mengisi daya baterai.
  • Apabila tegangan tidak stabil saat lampu dinyalakan, artinya daya baterai sudah habis.
  • Ganti baterai dengan yang baru jika terjadi hal ini.

5. Satu Bagian Lampu LED Saja yang Mati

Ketika lampu LED mati, tidak selalu berarti seluruh lampu tidak berfungsi. Ada kemungkinan hanya satu lampu yang mati. Untuk memperbaiki masalah ini, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Gunakan obeng untuk membuka bagian lampu yang rusak dan mengeluarkan LED yang mati.
  • Sambungkan dua kaki LED yang mati dengan menggunakan kabel.
  • Pasang kembali LED yang sudah disambungkan ke dalam bagian lampu.

6. Memperbaiki Lampu LED Redup

Salah satu faktor utama yang menyebabkan lampu LED menjadi redup adalah kerusakan pada dioda bridge atau resistor.

Jika kerusakan disebabkan oleh dioda bridge yang rusak, Anda harus mengganti lampu LED. Namun, jika kerusakan disebabkan oleh resistor, maka Anda dapat memperbaikinya sendiri di rumah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Bongkar lampu LED.
  • Ukur tegangan resistor.
  • Berikan flux pada titik resistor yang turun tegangannya.
  • Solder pada titik kapasitor dan copot kapasitor.
  • Ganti kapasitor dengan kapasitor yang baru.
  • Pasang kembali lampu LED.

7. Cara Memperbaiki Lampu LED Mati Total Tanpa Solder

Jika lampu LED mati total, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mencoba memperbaikinya tanpa solder. Berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat dicoba:

  • Ganti Baterai: Jika lampu LED menggunakan baterai, pastikan baterai tidak habis atau lemah. Jika ya, gantilah baterai dengan yang baru dan pastikan baterai itu kompatibel dengan lampu LED.
  • Bersihkan Kontak: Jika lampu LED masih tidak menyala, bersihkan kontak baterai dengan kain bersih atau kapas yang sedikit dibasahi dengan alkohol. Pastikan kontak bersih dari kotoran dan korosi.
  • Ganti Sumber Daya: Jika lampu LED menggunakan adaptor atau sumber daya lainnya, pastikan bahwa sumber daya tersebut masih berfungsi dengan baik. Jika perlu, gantilah sumber daya dengan yang baru dan pastikan bahwa itu sesuai dengan lampu LED.
  • Periksa Komponen: Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil, periksa apakah ada bagian yang rusak atau aus di dalam lampu LED. Ada beberapa kemungkinan komponen yang rusak, seperti transistor, resistor atau kapasitor. Namun, untuk melakukan ini memerlukan pengetahuan tentang elektronik dan alat-alat yang tepat.
  • Hubungi Teknisi: Jika Anda tidak memiliki pengetahuan tentang elektronik atau alat yang diperlukan, hubungi teknisi atau toko elektronik terdekat untuk meminta bantuan. Mereka mungkin bisa membantu Anda memperbaiki lampu LED yang mati total tanpa solder.

Banyak yang memilih menggunakan lampu LED saat ini dan mungkin termasuk Anda. Selain tahu cara menggunakan sebaiknya Anda pun tahu cara memperbaikinya. Melalui artikel ini semoga Anda lebih paham cara memperbaiki lampu LED Anda jika rusak.

Jika Anda sedang mencari Lampu LED untuk penerangan maupun dekorasi ruangan, langsung saja menghubungi distributor lampu led murah Adika Mitra Sejahtera. Sebagai Opple Distributor Resmi, Kami menjual berbagai jenis Lampu LED OPPLE dengan kualitas terbaik. Silahkan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.