Lampu LED Strip

Lampu LED strip adalah salah satu jenis penerangan yang akhir-akhir ini cukup populer digunakan di berbagai tempat seperti kantor, hunian maupun pemukiman, hingga industri. Hal tersebut karena pertimbangan lampu LED sebagai penerangan yang sangat baik untuk menerangi ruangan hingga merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan.

Apa itu lampu LED strip?

Lampu LED Strip

Sesuai dengan namanya, strip yang berarti garis. Definisi dan pengertian lampu strip adalah lampu yang berbentuk garis terdiri atas susunan LED secara sejajar pada sirkuit panjang sehingga membentuk sabuk atau selang. LED strip bisa disebut LED sabuk, lampu pita atau LED selang. Lampu LED ini bentuknya fleksibel serta memiliki perekat yang kuat pada bagian belakang lampu.

Selain itu, ada beberapa hal yang melatarbelakangi penggunaan lampu strip adalah pilihan populer di tengah masyarakat saat ini. Beberapa jenis LED strip untuk dekorasi, seperti Opple LED strip, keunggulan serta fungsi lampu LED strip telah dirangkum dalam penjelasan informasi artikel sebagai berikut. Karenanya, simak terus penjelasan lengkapnya!

3 jenis Lampu strip untuk dekorasi

Lampu LED adalah pilihan populer untuk dekorasi interior dan eksterior karena bisa memberikan cahaya yang indah dan fleksibel, serta hemat energi dan mudah dipasang. Namun, ada banyak jenis lampu strip yang tersedia di pasaran dan memilih jenis yang tepat bisa mempengaruhi hasil akhir dekorasi Anda. Berikut adalah jenis-jenis LED strip yang dapat dipilih untuk dekorasi, serta tips memilihnya:

1. Monokrom

Monokrom LED Strip

Monokrom LED adalah lampu LED yang menghasilkan satu warna cahaya saja. Warna yang paling umum digunakan untuk dekorasi ruangan adalah putih hangat, putih dingin, atau kuning. Warna-warna ini memberikan kesan yang nyaman dan elegan pada ruangan.

2. RGB

RGB LED menghasilkan cahaya dengan spektrum warna lengkap, sehingga memungkinkan untuk menciptakan tampilan yang lebih kreatif dan dinamis. Penggunaan lampu strip ini bisa dikontrol dengan remote atau aplikasi sehingga memudahkan Anda mengatur warna dan kecerahan cahaya sesuai keinginan.

3. Musikal

Jenis LED musikal atau disebut juga sound activated. Jenis lampu ini bisa bereaksi terhadap suara dan musik. Ini adalah jenis lampu ini sangat terkenal karena cocok diterapkan pada ruangan indoor, outdoor, saat konser musik atau dekorasi panggung.

Keunggulan LED strip

Sebagai salah satu jenis penerangan yang cukup populer, lampu LED strip memiliki beberapa kelebihan jika dibandingkan dengan jenis-jenis lampu lainnya. Beberapa kelebihan lampu LED strip tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mampu menghemat daya sekaligus menghemat biaya penggunaan.
  2. Merupakan investasi jangka panjang yang menguntungkan karena dapat digunakan dalam jangka waktu cukup lama.
  3. Mampu menekan tagihan biaya listrik dari waktu ke waktu.
  4. Mampu memberikan penerangan maksimal meski daya yang digunakan cukup kecil.
  5. Memiliki fleksibilitas untuk digunakan dan diterapkan dalam berbagai jenis dekorasi interior.

Baca juga : Tips Memilih Lampu Industrial untuk Usaha Anda

Fungsi lampu LED sebagai dekorasi

Fungsi lampu seperti Opple LED strip, paling banyak digunakan sebagai komponen dekorasi interior maupun berbagai jenis dekorasi proyek lainnya. Beberapa fungsi lampu tersebut diantaranya sebagai berikut.

1. Dekorasi dinding

Fungsi pertama dekorasi LED strip adalah sebagai pencahayaan dinding. Umumnya, dekorasi dinding ini terbagi ke dalam beberapa kategori. Pertama, cahaya dinding tersembunyi untuk memberikan kesan kelembutan modern. Dapat diaplikasikan di berbagai hunian hingga kantor yang memiliki plafon tinggi maupun rendah.

Kedua, lampu jenis ini dapat dipasang di permukaan dinding untuk menjadi alternatif dalam menciptakan kesan unik dan modern. Pemasangannya cukup mudah, Anda hanya tinggal menempelkan lampu LED strip di bagian outdoor maupun indoor.

Ketiga, Anda dapat mengkreasikan lampu ini sebagai hiasan dinding kreatif. Anda dapat dengan mudah membentuk strip menjadi huruf atau bentuk-bentuk yang diinginkan. Cara memasang dan melepaskannya pun juga terbilang mudah. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan jenis penerangan ini untuk waktu yang relatif lama.

2. Dekorasi backlight

Backlight adalah cahaya belakang. Tergantung fungsinya, Lampu ini juga dapat Anda gunakan untuk membuat dekorasi dengan nuansa pencahayaan backlight. Sedangkan fungsi backlight bisa juga dipasang pada televisi LCD. Kedua penerapannya memiliki fungsi sebagai berikut.

  • Pertama, secara struktur suatu LCD memiliki backlight sendiri yang berfungsi sebagai pengatur cahaya (cek gambar 1). Lampu strip menyinari piksel dari belakang, membuatnya tampak lebih kaya dan cerah. Tidak semua LCD memiliki lampu latar, dan bagi yang memilikinya, tidak semuanya menggunakan lampu latar LED
  • Kedua pemasangan lampu LED strip di dinding, di belakang televisi membuat tampilan ruangan menjadi lebih modern dan unik (cek gambar 2). Cahaya yang ditimbulkan dari lampu ini akan menambah penerangan dan keindahan ruangan, terlebih ketika perangkat elektronik dimatikan dalam ruang gelap.

3. Dekorasi mobil

Tidak terbatas pada dekorasi interior saja, lampu ini juga dapat Anda aplikasikan sebagai salah satu dekorasi kendaraan mobil. Hal tersebut karena lampu strip memiliki kemudahan dalam pemasangannya serta mudah untuk dilepas. Sehingga, aman digunakan di dalam mobil selama menjalankan berbagai rutinitas kegiatan sehari-hari.

Pengaplikasian jenis penerangan ini juga sekaligus dapat lebih menonjolkan desain interior mobil sehingga dapat memberikan kesan estetika modern yang futuristik.

4. Dekorasi anak tangga

Lampu LED Strip Adalah Dekorasi Anak Tangga

Selanjutnya, fungsi lampu jenis strip yang dapat Anda terapkan adalah untuk menjadi dekorasi anak tangga. Sehingga, tampilan tangga kantor maupun hunian Anda menjadi lebih menarik dan aesthetic.

Tidak hanya memudahkan Anda untuk melihat di tengah kegelapan, pencahayaan dengan lampu LED strip ini juga dapat membuat tampilan ruangan menjadi lebih luas. Pemasangannya pun cukup mudah dilakukan tanpa memerlukan bantuan dari tenaga profesional.

Tips untuk memilih lampu LED strip untuk dekorasi:

  • Sesuaikan dengan tema dekorasi dan warna dinding atau furniture yang ada di ruangan.
  • Perhatikan tingkat kecerahan cahaya yang dibutuhkan. Jangan terlalu terang atau terlalu redup.
  • Pastikan lampu memiliki kualitas yang baik dan tahan lama agar tidak cepat rusak.
  • Pertimbangkan biaya dan ketersediaan aksesoris seperti remote atau aplikasi untuk mengontrol LED strip.

Anda bisa melihat cara memilih lampu LED strip yang tepat dalam artikel Simak 7 Tips Memilih Lampu LED yang Tepat agar Hemat Listrik di Rumah! berikut.

Demikian beberapa penjelasan mengenai jenis LED strip untuk dekorasi, keunggulan serta fungsi lampu LED strip bagi Anda. Semoga informasi tersebut dapat membantu. Khususnya sebagai rekomendasi pilihan Anda dalam memilih lampu LED strip yang dapat digunakan dalam berbagai jenis kegiatan sehari-hari. Jika Anda sedang mencari Lampu LED strip untuk hiasan ruangan dan dekorasi kantor, temukan di distributor lampu LED murah Adika Mitra Sejahtera. Sebagai OPPLE distributor resmi, kami menjual lampu LED soft strip dengan kualitas terbaik. Silahkan hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.