ilustrasi led panel diluar

Lampu LED panel bekerja dengan mengubah energi listrik menjadi cahaya melalui dioda pemancar cahaya (LED) yang tersebar secara merata di seluruh panel. Cahaya ini dipancarkan melalui lapisan difusor untuk menghasilkan pencahayaan yang merata tanpa bayangan atau silau. 

Ingin ruangan Anda terlihat lebih modern dan hemat energi? Lampu LED panel adalah jawabannya. LED panel menjadi salah satu pilihan populer terutama di lingkungan kantor dan komersial. Selain memiliki desain yang minimalis dan efisien, kelebihan lampu ini adalah menyediakan pencahayaan merata dan nyaman yang membuatnya semakin diminati. Lalu, bagaimana cara kerja lampu LED panel dari berbagai aspek teknisnya? Mari kita ulas dalam artikel berikut.

Sumber Cahaya LED

Sumber cahaya pada lampu LED adalah dioda pemancar cahaya atau Light Emitting Diode yang menggunakan proses elektroluminesensi mengubah energi listrik menjadi cahaya. Proses ini melibatkan sambungan melalui bahan semikonduktor tipe-P (kekurangan elektron) dan tipe-N (kelebihan elektron) yang disebut dengan p-n junction. Kemudian, arus listrik dialirkan ke LED dan elektron dari daerah tipe-N akan bergerak menuju daerah tipe-P untuk memancarkan cahaya saat elektron bertemu. LED yang digunakan dalam panel biasanya terdiri dari beberapa chip LED kecil yang dipasang di papan sirkuit cetak (PCB) untuk menghasilkan cahaya yang cukup terang.

Driver LED

Driver LED memainkan peran penting dalam operasi lampu LED panel. Fungsi dari driver ini adalah mengubah arus listrik AC (Alternating Current) dari sumber listrik menjadi arus DC (Direct Current) yang diperlukan oleh LED. Selain itu, driver LED juga mengatur arus dan tegangan yang masuk ke LED untuk memastikan kinerja lampu yang efisien dan konsisten. Tanpa driver yang tepat, LED tidak akan berfungsi dengan baik dan umur lampu bisa berkurang.

Penyebaran Cahaya Melalui Diffuser

Setelah LED menghasilkan cahaya, cahaya tersebut diarahkan ke diffuser. Diffuser adalah lapisan transparan atau semi-transparan yang terpasang di depan panel LED. Fungsi utama diffuser adalah untuk menyebarkan cahaya secara merata ke seluruh permukaan panel. Dengan penyebaran cahaya, diffuser dapat mengurangi bayangan dan silau serta menciptakan pencahayaan yang lebih lembut dan merata ke seluruh area.

Teknologi Backlit atau Edge-lit

Lampu LED panel tersedia dalam dua desain utama, antara lain:

  1. Backlit: Desain LED ini ditempatkan di belakang panel. Cahaya yang dihasilkan oleh LED diarahkan ke permukaan panel melalui lapisan difusi di depan yang membuatnya mampu memberikan pencahayaan merata dan kecerahan yang lebih tinggi.
  2. Edge-lit: LED pada desain ini ditempatkan di tepi panel dan pendistribusian cahaya dilakukan melalui pemandu cahaya (light guide plate) ke seluruh permukaan panel dan membuat lampu panel menjadi lebih tipis dan ringan. Namun sayangnya, cahaya yang dihasilkan kurang merata dibandingkan dengan desain backlit.
ilustrasi LED Panel

Pencahayaan yang Merata

Lampu LED panel dirancang untuk menghindari titik-titik gelap dan area terang yang tidak merata ke seluruh ruangan. Pencahayaannya menyebar dengan konsisten karena reflektor yang terdapat di belakang panel berfungsi untuk memantulkan cahaya yang tidak langsung mengenai diffuser untuk kembali ke diffuser.

Dari sumber cahaya LED hingga mengetahui fungsi diffuser serta memiliki desain yang inovatif dan teknologi canggih, setiap bagian dari lampu LED panel dirancang untuk memberikan pencahayaan yang optimal sekaligus ramah lingkungan. Dengan memahami cara kerjanya, Anda dapat memahami jika lampu LED dapat dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi yang membantu agar lebih hemat energi dan meningkatkan kenyamanan visual dengan pencahayaan yang konsisten dan merata di seluruh ruangan.

Rekomendasi Distributor Lampu LED Panel Terpercaya

Setelah memahami bagaimana cara kerja Lampu LED Panel, kini saatnya Anda memilih distributor yang tepat. Temukan berbagai pilihan Lampu LED Panel berkualitas di PT Adika Mitra Sejahtera, distributor terpercaya yang siap memenuhi kebutuhan Anda. Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan produk terbaik, kunjungi kami sekarang juga!

PT. Adika Mitra Sejahtera

Promenade Taman Asri Blok TA11
Jl. Raya Taman Asri, Waru, Sidoarjo
Email: info@amitrasejahtera.com 
WhatsApp:+(62)81259828676