aplikasi led strips dalam ruangan

Kemampuannya untuk menghemat energi serta berkat ketahanannya, lampu LED menjadi pilihan populer untuk penerangan. Saat ini, lampu LED hadir dalam bentuk strip atau pita panjang fleksibel yang berisi serangkaian lampu LED kecil. Bahkan, lampu jenis ini menjadi trendsetter dan banyak digunakan untuk penerangan tambahan, dekorasi, dan lain sebagainya. Tetapi, sudah tahu belum kalau ternyata LED strip terdiri atas berbagai jenis? Langsung saja yuk kita kupas satu per satu apa saja jenis Lampu LED Strip!

Flexible LED Strips

Seperti namanya, LED satu ini memiliki sifat umum yang fleksibel. Karakteristiknya yang satu ini membuat flexible LED strips menjadi salah satu pilihan populer karena mudah disesuaikan dengan berbagai bentuk dan mudah ditempel. Selain itu, biasanya lampu LED satu ini tersedia dalam berbagai jenis warna. Bahkan beberapa fitur menawarkan penggunanya untuk bermain dengan kombinasi warna yang menarik.

Terdapat beberapa jenis flexible LED strips yang saat ini umum digunakan di antaranya:

  • Berdasarkan Voltase: Strip LED bertenaga AC dan strip LED bertenaga DC.
  • Berdasarkan Densitas: SMD 3528 yang memiliki chips LED yang kecil dengan ukuran 3,5 x 2,8 mm dan SMD 5050 dengan chips LED yang lebih besar yakni 5 x 5 mm.

Rigid LED Strips

Berbeda dengan flexible LED strips, lampu LED jenis ini terbuat dari material yang keras dan tidak mudah dibentuk seperti plastik maupun aluminium. Karakteristik ini tak selalu merugikan sebab sifatnya yang rigid justru membuat lampu LED jauh lebih kokoh dan tahan lama. 

Namun, karena tak mudah dibentuk, arah cahaya lampu rigid LED strips terbatas dan pancarannya lebih sempit. Penggunaan lampu ini cocok untuk pencahayaan yang terfokus. Kemampuannya untuk bertahan pada daya dan arus listrik yang kuat juga memungkinkan lampu ini menghasilkan pencahayaan yang lebih terang sehingga baik digunakan untuk tempat yang luas dan membutuhkan intensitas cahaya tinggi.

Waterproof LED Strips

ilustrasi waterproof LED

Tipe lampu LED satu ini menawarkan fitur utamanya yakni tahan terhadap air. Dilengkapi dengan lapisan pelindung seperti silikon atau resin epoksi memungkinkan lampu ini bertahan dalam kondisi lingkungan lembap atau penggunaan luar ruangan. 

Waterproof LED strips juga memiliki peringkat IP sehingga perlindungannya terhadap debu dan air tak perlu diragukan lagi. Beberapa peringkat IP yang dimiliki lampu jenis ini di antaranya IP65, IP67, dan IP68.

RGB LED Strips

Strip LED RGB merupakan jenis lampu LED yang dilengkapi dengan tiga warna utama yaitu merah (R), hijau (G), dan biru (B) yang terpasang dalam setiap unit LED. Karena masing-masing warna terpisah atau berada pada chip yang berbeda, hal ini memungkinkan penggunanya untuk menghasilkan beragam warna dan efek pencahayaan dengan mengontrol intensitas setiap warna. 

Tingkat kecerahan ini juga bahkan dapat memberikan efek warna memudar atau warna yang bergerak. Umumnya, sistem kontrol warna dilakukan melalui aplikasi maupun remote khusus.

Single-Color LED Strips

Tak seperti lampu strip LED RGB, lampu ini memancarkan satu jenis warna yang konsisten. Penerangan klasik ini memungkinkan penggunanya untuk menghilangkan kebutuhan sistem kontrol warna lampu LED yang cenderung rumit. 

Lampu jenis ini umumnya tersedia dalam berbagai pilihan seperti, warm white, cool white, merah, biru, hijau, kuning, atau pilihan warna tunggal lainnya. Selain itu, lampu ini biasanya dibanderol dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

Tunable White LED Strips

ilustrasi led strips warm white

Tunable white LED strips merupakan jenis pencahayaan yang menawarkan fitur untuk menyesuaikan suhu warna cahaya yang dipancarkannya. Fitur ini memungkinkan pengguna beralih mengubah cahaya menjadi warm white (2700K) atau cool white (6500K) sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, beberapa lampu ini telah terintegrasi dengan sistem smart home yang memudahkan pengguna untuk melakukan kontrol lampu dari mana saja.

Smart LED Strips

Jenis lampu yang terakhir ini menggabungkan beberapa jenis fitur kecerdasan dan konektivitas sehingga memungkinkan penggunanya untuk melakukan kontrol secara penuh karena smart LED strips umumnya terkoneksi dengan Wifi atau Bluetooth

Selain itu, pilihan kontrol lampu jenis ini lebih luas karena memungkinkan pengguna untuk memilih spektrum warna atau menyesuaikan suhu cahaya. Efek dinamis seperti cahaya memudar, membuat pola, atau cahaya bergerak dapat diprogram dalam lampu ini. Hal lainnya, smart LED strips dapat dijadwalkan sehingga dapat dinyalakan atau dimatikan secara otomatis pada waktu tertentu.

Itu dia beberapa informasi terkait jenis-jenis lampu LED strip yang perlu diketahui. Secara keseluruhan, lampu LED strip menawarkan pengguna untuk berkreasi dan menciptakan efek pencahayaan yang nyaman, penuh warna, dan dinamis. Lampu jenis ini dapat dijadikan tambahan cahaya untuk menambahkan dimensi pada ruang.

Rekomendasi Distributor LED Strips

Setelah mengenal jenis Lampu LED Strip dan kegunaannya, saatnya beralih ke PT Adika Mitra Sejahtera, Distributor Lampu OPPLE LED resmi. Dengan kepercayaan penuh melayani Surabaya dan seluruh Indonesia, temukan solusi pencahayaan ideal Anda hanya di PT Adika Mitra Sejahtera!

PT. Adika Mitra Sejahtera
Promenade Taman Asri Blok TA11
Jl. Raya Taman Asri, Waru, Sidoarjo
Email:info@amitrasejahtera.com
WhatsApp:+ (62)81259828676